Creator, Digital Marketing

Tips Endorsement Marketing oleh Artis atau Selebgram Untuk Pemula

tips endorsement artis selebgram

Tips Endorsement Marketing oleh Artis atau Selebgram Untuk Pemula – Teknik promosi dengan sistem endorsement merupakan salah satu teknik pemasaran yang booming saat ini. Endorsement sendiri adalah teknik marketing yang meminta tokoh terkenal untuk mempromosikan produk Anda di akun social media mereka (biasanya Instagram). Teknik yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan jumlah pembeli dan meningkatkan branding produk Anda.

Ada beberapa kelebihan yang didapat dari cara marketing ini seperti peningkatan trust terhadap brand bisnis hingga foto hasil endorse dapat dijadikan aset oleh pemilik bisnis (tergantung kontrak). Kekurangan dari teknik marketing ini adalah kita tidak bisa lacak dan memiliki data yang lebih akurat jika dibandingkan beriklan dengan Facebook Ads.

Untuk itu Anda harus memperhatikan beberapa panduan berikut ini sebelum melakukan endorsement agar budget marketing Anda tidak boncos :

Tips Endorsement Marketing oleh Artis atau Selebgram Untuk Pemula

1. Jangan Lakukan Jika Budget Marketing Anda Rendah

Rata-rata biaya endorse untuk artis itu memakan biaya yang cukup besar karena biasanya berkisar di angka jutaan rupiah per sekali post. Perlu dipahami bahwa jika bisnis Anda dan dana marketingnya terbatas tentu baiknya memaksimalkan teknik pemasaran yang lebih murah. Karena endorse tidak menjamin barang anda akan cepat laku begitu saja dan bisa balik modal.

Saya juga mempelajari bahwa efek endorsement hanya berlangung maksimal seminggu. Dalam jangka waktu itu lah pembeli berdatangan namun bisa cepat hilang begitu saja setelah lewat dari seminggu. Lewat dari itu follower sang artis bisa lupa dengan produk Anda dan akhirnya tenggelam oleh postingan lain yang lebih baru.

Baca juga   Cara Memonetisasi Akun Instagram Tanpa Harus Jadi Selebgram

Jika di awal, usahakan untuk mencari follower tertarget secara gratisan dan dibantu dengan Instagram Ads. Meskipun split test perlu bakar uang di awal, tapi jumlahnya bisa ditekan seminimal mungkin.

2. Pilih Selebriti yang Sesuai dengan Niche Produk Anda 

Menentukan artis juga merupakan proses yang harus dipikirkan matang-matang. Misalnya Anda berjualan sepatu untuk mendaki gunung, koper untuk travelling, atau baju renang untuk di pantai, maka Anda harus mencari artis yang hobby travelling atau liburan.

Kalau anda punya produk untuk keperluan ibu dan anak bisa mencari artis dengan sosok keibuan atau yang sedang hamil.

Jika Anda menjual tas branded, sepatu mewah, atau gaun yang glamour, Anda cari artis atau selebgram yang juga suka bergaya mewah.

Kesalahan dalam memilih endorser akan sangat berpengaruh pada hasil penjualan anda. Jika Anda memilih artis ang salah maja akan dipastikan produk Anda semakin sulit terjual karena memang marketnya yang tidak cocok.

tips endorsement artis selebgram

Perhatikan lifestyle dan karakter endorser agar hasil endorsement maksimal.

3. Buatlah Terjadwal

Jika penjualan Anda terbukti meningkat dari endorsement maka Anda bisa scale up teknik pemasaran ini dengan rutin meng-endorse. Anda bisa melakukannya sebulan sekali atau per 2 minggu sekali.

Semakin banyak endorse maka brand produk Anda akan semakin dipercaya oleh masyarakat. Aset foto yang dikeluarkan oleh banyak artis yang Anda kontrak, bisa dipajang di akun media sosial dan website yang secara tidak langsung menaikkan trust konsumen.

Jika mereka sudah meyakini bahwa brand Anda bagus, dengan sendirinya mereka akan memburu produk Anda tanpa perlu capek-capek meyakinkan customer satu per satu.

4. Pisahkan Budget Marketing

Jika Anda punya uang 4 juta untuk bniaya marketing, maka bagi uang itu ke beberapa metode marketing . Jangan gambilng dengan menggunakan semua budget untuk keperluan endorsement. Karena jika produk anda tidak laku dari proses endorse, anda masih bisa mencoba metode pemasaran lainnya.

Baca juga   Freelancer : Panduan Membangun Karir Dengan Kerja Dimana Saja

Mengapa perlu dipisah? Karena endorsement tidak bisa kita lacak bagaimana konversinya. Bisa jadi setelah endorse produk Anda ramai dibeli, bisa jadi juga belum ada yang beli. Karena itu sediakan budget khusus untuk endorsement.

Saran saya, sebaiknya Anda baru endorse setelah profit bisnis Anda stabil. Supaya jika uang yang dipakai untuk endorse nanti tidak balik modal, tidak akan mengganggu cash flow bisnis Anda.

5. Endorse Produk dengan Stok Terbanyak

Endorsement biasanya hanya memerlukan 1-3 produk untuk dipakai si artis. Maka pastikan bahwa produk yang akan di-endorse jumlahnya banyak. Karena biasanya orang akan membeli produk yang sama persis seperti yang dipakai oleh idola mereka.

Penggunaan produk dengan stok paling banyak juga sebagai langkah antisipasi jika produk Anda tiba-tiba laku keras dipasaran. Jika sudah begini, Anda tidak akan pusing dengan menolak pelanggan jika stook barang habis lebih cepat. Pasti Anda tentunya ingin mendapatkan profit sebanyak-banyaknya kan.

author-avatar

About IGEM DIGITAL STUDIO

💻 Tech and Online Business Enthusiast. 👨‍💻 I write blog and build website for businesses. 😐 INTP. Hate noisy places. Follow Me @gemaalfaputra